Sabtu, 17 Desember 2016

Beda Asam Pedas Sumatera dan Kalimantan


Keberagaman Indonesia tidak hanya terlihat pada aneka suku, agama dan budaya saja, tapi juga dari hal lainnya. Seperti kuliner misalnya. Karema memiliki kekhasannya masing-masing, kuliner Indonesia menjadi salah satu wisata jajanan yang paling diminati. Sebab ada banyak jenis kuliner nusantara yang bisa ditemui dan dinikmati, salah satunya menu masakan asam pedas. Jika kita lihat dari sejarahnya, ada dua daerah di Indonesia yang sangat erat kaitannya dengan asam pedas, yaitu Sumatera dan Kalimantan.
Menu lengkap Pondok Ale Ale
Menu lengkap Pondok Ale Ale
Meski belum diketahui dari mana sebenarnya asal masakan asam pedas, namun Sumatera dan Kalimantan disebut-sebut sebagai daerah yang menjadi awal mula tersebarnya asam pedas ke beberapa daerah lain di Indonesia. Kuliner dengan cita rasa asam dan pedas tersebut merupakan makanan khas dari masyarakat Minangkabau dan Melayu, sehingga tidak heran jika Sumatera dan Kalimantan disebut sebagai daerah asal masakan tersebut.
Penyebutan nama asam pedas di beberapa daerah juga berbeda. Tidak hanya nama, racikan bumbu yang digunakan saat memasak asam pedas juga berbeda. Inilah yang menjadikan masakan yang satu ini memiliki ciri khas di masing-masing daerah. Masyarakat Minangkabau menyebut masakan ini Asam Pedeh, masyarakat di Kepulauan Riau menyebutnya Asam Keueng, sementara masyarakat Melayu tetap menyebutnya dengan Asam Pedas.
Lalu apa bedanya masakan asam pedas dari Sumatera dengan asam pedas yang ada di Kalimantan? Sekilas masakan ini tampak sama saja. Namun jika diperhatikan secara lebih dekat, kedua daerah tersebut memiliki ciri khasnya sendiri dalam menyajikan asam pedas. Seperti yang sudah djielaskan sebelumnya, ada beberapa hal yang membuat masakan asam pedas berbeda pada masing-masing daerah, salah satunya dari bumbu yang digunakan. Selain itu juga dapat dilihat dari bahan tambahan yang diberikan.
Umumnya masakan asam pedas menggunakan ikan sebagai bahan dasarnya, namun ikan yang digunakan disesuaikan dengan daerah masing-masing. Ada pula yang disesuaikan dengan keinginan. Masyarakat Sumatera lebih suka memasak asam pedas menggunakan ikan baung atau ikan patin, lalu menggunakan sayuran seperti nanas atau terung asam dan kacang sebagai pelengkapnya. Sementara masyarakat Kalimantan lebih sering memasak asam pedas menggunakan ikan kakap merah atau tongkol. Kemudian disajikan dengan sambal terasi atau sambal belacan.

Terlepas dari perbedaan tersebut, asam pedas memang enak dimasak dengan paduan bumbu yang pas dan juga tambahan yang segar. Nikmatnya asam pedas akan semakin terasa jika dimakan bersama nasi yang masih panas dan sambal terasi. Menikmati asam pedas bersama keluarga akan terasa semakin menyenagkan. Jika tidak bisa memasaknya sendiri di rumah, kamu bisa memesannya di beberapa restoran atau rumah makan yang menyediakan menu ini. Sebab di beberapa daerah, asam pedas dijadikan sebagai menu andalan. Jadi, ayo coba asam pedas dari berbagai daerah yang ada di tempatmu.
Menu lengkap Pondok Ale Ale
Menu lengkap Pondok Ale Ale
Ingin coba menikmati resep ikan asam pedas khas Pontianak dan Ketapang? coba mampir ke Pondok Ale Ale sungguh menyenangkan. Lokasi makan yang luas dan bisa memilih ruangan bagian dalam berpendingin ruangan membuat anda bebas membawa keluarga atau menjamu sahabat. Jangan lupa untuk melakukan reservasi (0561) 740 789 atau datang langsung ke Jalan Putri Candramidi (Podomoro) atau bisa juga mengunjungi Pondok Ale Ale di A Yani Mega Mall Pontianak.


EmoticonEmoticon